Cut The Tosh: Mari Ubah Narasi Jadi Aksi

alexchandra Berita, Event

Ohallo!!

Aku mau share nih kalau aku pada hari rabu, 18 Mei 2022 aku menghadiri sebuah acara di kawasan Jakarta Pusat. Acara kemarin diadakan oleh Multi Bintang Indonesia cukup membuat menarik banget bagiku karena ngebahas isu lingkungan dan juga membeberkan fakta-fakta terkait isu lingkungan yang sedang terjadi. Cocok banget karena aku ngerasa kalau makin hari cuaca makin panas. Dan ternyata ini hampir di wilayah di Indonesia dilanda suhu panas. Ditambah cuaca pada siang hari dan panas banget mataharinya gengs. Namun anehnya hujan deras pun masih tetap turun. Padahal di siang hari panasnya luar biasa tapi sore menuju malam hari bisa hujan deras banget. Cuacanya enggak menentu. Ya! Perubahan iklim itu nyata adanya kan?! Pemicunya banyak, termasuk tingginya gas karbon yang dihasilkan dari aktivitas manusia, pembakaran bahan bakar fosil di bidang manufaktur, pemanasan, transportasi, pembakaran hutan, dan banyak lagi.

Dan kali ini aku akan share beberapa aksi yang sudah dilakukan oleh Multi Bintang Nasional yang berkolaborasi dengan berbagai pihak yang akan aku tulisan di postingan kali ini.

Seperti kita ketahui banyak jalan menjuju roma yang artinya banyak cara yang bisa kita lakukan demi menjaga bumi kita. Aku percaya, aksi sekecil apapun akan bisa membantu mencegah kenaikan suhu bumi demi menjaga bumi kita ini, asal dilakukan bersama-sama, konsisten dan berkelanjutan. Jadi bukan ngomong doang dan ga dilakukan. Namun kita enggak bisa bergerak sendiri tentunya, kita harus bersama sama untuk melakukan aksi menjaga bumi kita tercinta ini. Benar adanya yang dibutuhkan bukan hanya narasi saja tetapi juga harus ada aksinya. Hal tersenut harus seperti itu agar suatu harapan dan cita-cita bisa tercapai. Sayang banget jika sudah membuat narasi yang begitu cemerlang tetapi tidak dibarengi dengan aksi yang cemerlang juga. Memang untuk mewujudkan itu membutuhkan proses, dan kalau tidak dimulai sekarang juga lalu mau kapan lagi kan.

Sejalan dengan apa yang dilakukan oleh Multi Bintang Indonesia yang merupakan bagian dari The HEINEKEN Company. Acara kemarin mereka meluncurkan gerakan terbarunya dalam praktik keberlanjutan yang bertajuk Cut the Tosh. Gerakan ini bukan hanya sekadar kampanye saja, namun lebih dari sekadar kampanye. Cut the Tosh merupakan sebuah pernyataan yang mengingatkan bahwa wacana dan perkataan tidak memiliki makna apa-apa, tanpa adanya aksi nyata.

Dalam acara tersebut juga hadir Ika Noviera selaku Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa “Cut the Tosh mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengubah narasi jadi aksi. Harapan kami, gerakan ini dapat mendorong upaya kolektif dari para pemangku kepentingan, untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi yang bermakna untuk meningkatkan skala dan dampak dari praktik keberlanjutan,”. Kalian juga harus tahu bahwa Sustainability sudah menjadi istilah umum di berbagai kalangan, terutama dalam ruang lingkup bisnis, pemerintah, maupun lembaga masyarakat. Namun, tidak sedikit hambatan dalam menjalankannya, mengingat berbagai tantangan yang ada, mulai dari sumber daya, keahlian, hingga jaringan.

Mari kita bersama-sama menciptakan kolaborasi yang bermakna

Sudah saatnya kolaborasi harus dijalankan oleh berbagai pihak terkait untuk melakukan aksi nyata agar dampaknya pun semakin luas. Ketika mau menjaga lingkungan agar tetap lestari, tentu nggak bisa jika hanya dilakukan segelintir orang saja, manfaatnya akan susah terlihat dan dirasakan. Tetapi jika aksi tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan banyak orang dan pihak terkait maka akan semakin mudah mencapai tujuan yang diinginkan.

Nah gerakan yang digagas oleh Multi Bintang Indonesia ini tidak lepas dari dukungan dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Hal ini pun tertuang dalam Sustainability Report 2021, yang telah dirilis dengan mengusung tema “Embracing DifferencesBrewing Togetherness”. Tema dari laporan tersebut menjelaskan bagaimana perusahaan dan lembaga dari berbagai sektor berbeda dapat menciptakan kolaborasi yang bermakna dan menghasilkan manfaat bagi banyak orang dengan mengesampingkan kepentingan dan ambisi masing-masing dan memandang perbedaan sebagai perspektif baru yang saling memperkaya.

Sebagai informasi bahwa, inisiatif dari Multi Bintang Indonesia seputar lingkungan terlihat dari berbagai inisiatif untuk mencapai “Path to Net Zero Impact”. Hingga saat ini, 28% dari total konsumsi energi di fasilitas produksi Multi Bintang Indonesia berasal dari sumber energi terbarukan, termasuk pemanfaatan biomassa. Di tahun 2025 mendatang, Multi Bintang Indonesia berambisi untuk mencapai 100% penggunaan energi terbarukan dengan menerapkan tenaga surya.

Setiap orang memiliki peran penting dalam pelestarian alam dan menjaga lingkungan

Keterlibatan masayarakat sangatlah penting dalam pelestarian alam dan juga keberlanjutan lingkungan. Salut bange tapa yang dilakukan oleh Multi Bintang Indonesia yang mendorong perusahaan untuk memberdayakan komunitas lokal melalui program pembinaan bank sampah, dan saat ini sudah terbentuk lebih dari 300 unit yang tersebar di Tangerang dan Mojokerto, berjalan secara mandiri dan memberikan manfaat kepada sekitar 28.000 orang.

Ternyata nggak sampai disitu saja, Multi Bintang Indonesia juga sangat memperhatikan pengelolaan air, mengingat air merupakan 95% dari bahan dasar pembuatan bir. Program pengelolaan air ini mencakup berbagai inisiatif yang dilakukan dari hulu hingga ke hilir, mulai dari penghijauan hutan hingga pembangunan waste trap yang berfungsi sebagai penangkap sampah agar tidak mengalir di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) hingga ke laut.

Multi Bintang Indonesia juga memiliki inisiatif River2River sebagai langkah edukasi kepada masyarakat akan pentingnya konservasi air dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, yang diharapkan dapat memulihkan area hingga 428 ha pada tahun 2025.

Apa saja sih kegiatan Cut the Tosh?

Beberapa rangkaian agenda dari Cut the Tosh yaitu meliputi:

  • Tipple Talk, sebuah thought-provoking forum untuk membicarakan isu seputar lingkungan, sosial, dan responsible consumption.
  • Sustainability Competition/CTT Incubators, yaitu inkubator ide-ide keren dan inovasi terkait keberlanjutan dari mahasiswa-mahasiswa Indonesia.
  • CTT 3 Days Summit, di mana kami mengundang berbagai penggerak dan pendobrak yang telah berkontribusi dalam ‘meracik Indonesia yang lebih baik’ dengan cara mereka untuk belajar bersama serta berbagi best practices dalam merancang kolaborasi yang lebih berdampak.

Apa yang sudah dilakukan oleh Multi Bintang Indonesia seharusnya bisa menjadi contoh untuk pihak-pihak lain untuk bisa lebih aware dengan pelestarian alam dan juga lingkungan.

Yuk sama-sama turut berperan dalam menjaga kelestarian alam dan juga lingkungan untuk masa depan yang lebih baik!

You May Also Like..

Dapur Solo Supermal Karawaci: Tempat Nongkrong Asik Baru di Tangerang!

Ohallo gengs!! Siapa nih yang nongkrong bareng teman-temannya? Kalau kamu suka, aku juga suka kok nongkrong bareng teman-teman karena nongkrong […]

ADA KENDARAAN TANPA AWAK DI BSD CITY! AUTONOMOUS ELECTRIC VEHICLES DARI SINAR MAS LAND.

Ohallo gengs? Apa kabar? Pernah gak sih kalian naik KENDARAAN TAPI GAK ADA SUPIRNYA?????? Kalau dipikir-pikir kok serem ya. Hihihi […]

Rayakan Hari Kesehatan Nasional dengan Memanfaatkan WiFi Rumah untuk Hidup Sehat

Bulan November memiliki sejumlah hari hari besar baik nasional maupun internasional. Salah satu Hari Besar Nasional yang menarik perhatian adalah […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *