5 Tips Agar Pekerjaan Tidak Menjadi Beban

alexchandra Millennials, Tips and Triks

Ohallooo

Tak sedikit orang mengeluh tentang beratnya pekerjaan yang sedang mereka lakukan. 

Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat, lingkungan kerja tidak kondusif, sampai beban pekerjaan yang terlalu banyak.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini mengingat pekerjaan saat ini semakin susah untuk didapatkan.

Pahami tentang pekerjaanmu

Memahami pekerjaan mulai dari beban kerja, jobdesk, jam kerja, sampai tujuan bekerja sangat perlu dilakuan. 

Kamu bisa mengevaluasi apakah beban kerja selama ini sesuai dengan jobdeskmu atau tidak. Jika tidak sesuai, konsultasikan dengan atasan agar mendapatkan jalan terbaik dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu kamu juga perlu melihat tujuanmu untuk bekerja, sebagian orang tetap melakukan pekerjaan walau mereka tidak menyukainya karena alasan keluarga atau gaji yang tinggi.

Namun sebagian orang melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan minat walau tidak mendapatkan gaji yang tinggi. 

Dari opini tadi, kamu bisa melihat kembali apa sebenarnya yang menjadi tujuanmu untuk bekerja.

Ingat keluarga

Tidak hanya keluarga yang sekarang sudah terbentuk, namun bisa juga keluarga untuk masa depan. Kamu bisa menjadikan alasan ini agar lebih semangat dalam bekerja.

Terlebih lagi membangun keluarga di masa depan tentu membutuhkan modal yang sangat besar sebagai persiapannya. 

Bisa juga dengan menjadikan alasan keluarga di tempat asal (orang tua atau saudara) membutuhkan kehidupan yang lebih layak.

Jangan ada pendingan pekerjaan

Saat bekerja, usahakan untuk menyelesaikan semua pendingan pekerjaan pada hari itu juga. Jika sampai tertunda keesokan hari atau bahkan sudah berhari-hari, bisa membuat stress dan beban kerja yang berat.

Bayangkan saja, ketika di rumah ingin beristirahat atau relaksasi justru teringat pekerjaan yang belum terselesaikan. 

Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu baru pekerjaan lain dengan tingkat kepentingan yang lebih rendah. 

Rekreasi yang terjadwal

Sesibuk-sibuknya pekerjaan harus diimbangi dengan rekreasi atau liburan yang banyak juga. Rekreasi ini tidak selalu berbentuk liburan ke tempat wisata, namun bisa juga dengan me time atau melakukan hal yang kamu inginkan. 

Bisa juga melakukan aktivitas lain seperti malas-malasan seharian, marathon Netflix, atau berburu kuliner seharian. Pokoknya apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembalikan semangat bekerjamu keesokan harinya.

Atur desk atau lingkungan kerja agar lebih betah

Mengubah tampilan desk atau meja kerja secara berkala juga memberikan kesan yang baru dalam bekerja. Tentunya kesan ini dapat menambah semangat kerja dan menghindari stress berlebih karena menatap ruangan dengan tampilan yang sama.

Kamu bisa bekerja sama dengan tim atau rekan kerja untuk mengatur suasana lingkungan kerja yang lebih kondusif. Kamu bisa menambahkan tanaman hidup atau miniatur karakter yang kamu sukai. 

Bisa juga dengan mengubah warna cat atau menambah hiasan di dinding ruangan agar lebih menarik. Tentunya tetap konsultasikan dahulu dengan atasan, ya!

Sebetulnya masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar pekerjaan yang sedang dilakukan tidak membebani hidup sehingga menimbulkan stress yang menumpuk. 

Jika stress ini dibiarkan begitu saja akan lebih berbahaya karena bisa meledak jika sudah menumpuk terlalu banyak. Tidak hanya gangguan secara fisik saja, namun gangguan mental juga bisa menyerang. 

Untuk itu kamu perlu segera menyelesaikan beban pekerjaan yang kamu alami. Jika memang lingkungan kerja tidak mendukung maka resign bisa menjadi pilihan terakhirnya. 

Ada banyak lowongan kerja yang mungkin cocok bagimu, baik dari sisi gaji atau lingkungan kerja yang sesuai. Coba kamu cari saja di situs lowongan kerja seperti TopKarir yang tersedia banyak lowongan di dalamnya.

You May Also Like..

Mari Work From Labuan Bajo! Ini Dia 7 Tempat Wisata Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi Usai

Ohallo…. Pandemi ini kapan sih berakhirnya? Gue mulai jenuh, bosan, dan karatan rasanya. PPKM pun diperpanjang terus. Udah kayak iklan […]

Review Scarlett Whitening Facial Wash dan Brightly Ever After Serum, Wajah Makin Cerah, Bikin Orang-Orang Pada Mupeng

Ohallo, Ini pada terpesona ya liat muka gue sekarang semakin cerah? Glowing shimering dong. Makin ganteng gue sekarang. Terpacai sudah […]

Jangan Ngaku Pecinta Pedas Kalau Belum Mencoba GAGA 100 EXTRA Pedas Goreng Chipotle. Pedasnya Mantap!

Ohallo, Liburan sudah selesai. Saatnya kembali menjadi anak kosan. Enggak ada lagi menikmati makan masakan buatan mama. Sebagai gantinya, gue […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *