Yuk Mulai Saat Ini Anak Muda Harus Lebih Peduli Terhadap Kondisi Bumi

alexchandra Millennials

Pasti kalian tidak asing dengan kutipan populer bung Karno beri aku seribu orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Kutipan populer itu seakan-akan sudah tertanam dalam sanubari para pemuda Indonesia generasi penerus bangsa. Kita sebagai anak muda harus yakin dan harus lebih peduli terhadap kondisi bumi saat ini yang sangat mengkhawatirkan. 

Tentu kita sebagai generasi muda bisa menjadi aktor terdepan serta berperan aktif untuk memberikan kontribusi positif dalam menekan gas rumah kaca. Dengan kita mengikuti keterlibatan aktif mulai dari pengendalian perubahan iklim melakukan penanaman pohon dengan skala besar mencegah kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 1,5°C. Jadi kita selalu generasi muda harus lebih peduli dan ikut mencegah kenaikan suhu bumi.

Inilah Fakta Fakta Membanggakan Tentang Hutan Indonesia

Perlu kita ketahui jika hari hutan Indonesia diperingati setiap tanggal 7 Agustus. Tentu kita juga sudah tahu jika hutang bukan hanya sekedar kumpulan pepohonan saja. Akan tetapi hutan adalah suatu pondasi kehidupan makhluk hidup yang berbagai macam manfaat penting berkaitan dengan enam pilar.

Enam pilar tersebut adalah udara bersih, air, keanekaragaman hayati, dampak sosial, kesehatan serta iklim. nah untuk merayakan hari hutan Indonesia kalian harus ketahui berbagai fakta yang mengagumkan mengenai hutan Indonesia. Dengan tujuan agar kalian secara sadar bisa menjaganya dengan jauh lebih baik demi masa depan anak cucu kita.

Hutan Menyimpan Berbagai Obat-Obatan Yang Penting

Walaupun berjalan-jalan di hutan bisa bermanfaat untuk kesehatan diri kita sendiri. Akan tetapi hutan juga bertanggung jawab dengan banyak obat yang kita minum guna menyembuhkan penyakit. Setidaknya 25% obat-obatan tersebut asalnya dari tanaman yang dijumpai di hutan hujan dan rata-rata belum dieksplorasi.

Akan tetapi penggundulan hutan menjadi suatu ancaman terobosan pengobatan medis. Dengan kita melindungi hutan sama halnya menyelamatkan banyak nyawa dari penyakit yang masih harus disembuhkan.

Hutan Bisa Mengurangi Peluang Terjadinya Bencana Alam

Banjir serta tanah longsor adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi pada berbagai wilayah termasuk Indonesia sendiri. Kerusakan jika terjadi banjir dan tanah longsor bisa membuat banyak kepala keluarga tak mempunyai rumah atau bahkan menyebabkan kematian. Pohon serta hutan merupakan pertahanan yang terbaik untuk kita semua melawan bencana alam itu. 

Dengan adanya hutan akan membantu membatasi banjir dengan membendung jumlah air yang mengalir ke hilir. Dan sistem akarnya yang sedikit rumit akan menahan tanah yang akan mengurangi kemungkinan terjadinya longsor.

– Hutan Menyimpan Berbagai Makanan Yang Bergizi

Yap Hutan merupakan penyedia makanan yang penting yang mana merupakan unsur tak semak memberi kita berbagai macam makanan yang bergizi. Dan bukan hanya sampai di situ saja apa yang kita tidak makan menjadi makanan untuk hewan-hewan liar. Dan Hutan ini memberikan makan untuk seluruh ekosistem mulai dari serangga yang paling kecil sampai rantai makanan.

Hutan Menjadi Rumah Untuk Seluruh Makhluk Hidup

Hutan merupakan rumah bagi lebih dari sekedar tumbuhan serta hewan-hewan. Sekitar 300 juta orang hidup pada hutan dunia dan hal itu belum termasuk masyarakat perkotaan yang bergantung pada hutan. 

Ancaman Terhadap Hutan Indonesia Saat Ini

Penebangan Hutan Secara Liar Tanpa Dilakukannya Reboisasi

Penebangan liar secara ilegal pada suatu kawasan hutan itu akan menurunkan serta mengubah fungsi hutan itu sendiri. Hutan yang sudah kehilangan pohon dengan daya serap akan air serta karbondioksida akan menimbulkan longsor banjir dan peningkatan polusi.

Kebakaran Hutan Karena Berbagai Faktor

Kebakaran hutan sendiri ada berbagai faktor mulai dari faktor iklim serta faktor kesengajaan. Akan tetapi rata-rata di Indonesia penyebab kebakaran hutan karena faktor kesengajaan dari beberapa pihak. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut dengan sengaja membakar hutan guna membuka lahan perkebunan atau pemukiman.

Beralih Fungsinya Hutan Menjadi Kebun Kelapa Sawit

Alih fungsi hutan menjadi kebun kelapa sawit kerap kali korporasi besar lakukan. Kelapa sawit adalah salah satu komoditas yang paling menguntungkan dan sering dibutuhkan. Sehingga banyak pihak bertanggung jawab memanfaatkan dan dengan sengaja menggunakan hutan sebagai lahan untuk kebun baru.

Serangan hama pada pohon

Seringkali serangan hama yang menyerang serta beberapa jenis pohon tertentu pada hutan. Jika tidak ada penanganan yang serius hama tersebut akan membuat pohon mati sehingga semakin lama jumlah pohonnya akan berkurang.

– Pembuangan Limbah Industri

Tentu kita sering mendengar perusahaan yang membuang limbah industri pada aliran sungai tengah hutan. Yang mana limbah itu secara tak langsung akan mempengaruhi kehidupan ekosistem sekitar termasuk flora dan fauna.

Hal-Hal Yang Bisa Generasi Muda Lakukan Untuk Menjaga Kelestarian Hutan Dan Peduli Terhadap Kondisi Bumi

Agar Lebih Peduli Terhadap Kondisi Bumi Tidak Menebang Pohon Secara Sembarangan

Perlu kita ketahui jika saat ini hampir setengah dari luas hutan bumi sudah rusak. Sehingga kita tidak boleh melakukan penebangan pohon secara sembarangan atau pun melakukan penebangan secara ilegal guna menjaga kelestarian hutan.

Mendukung Giat Konservasi Sumber Daya Alam

Konservasi sumber daya alam menjadi salah satu cara untuk melestarikan hutan. contoh dari konservasi sumber daya alam yaitu kawasan suaka alam misalnya cagar alam atau suaka margasatwa. Termasuk juga kawasan pelestarian alam contohnya taman Nasional, taman wisata alam serta taman hutan raya.

– Melakukan Penanaman Pohon Pada Hutan Yang Gundul Atau Reboisasi

Menanam pohon serta tumbuhan yang lainnya adalah salah satu sikap untuk menjaga kelestarian hutan. Menanam pohon bisa mengganti pohon yang sudah manusia tembang secara sembarangan. 

Lakukan Tebang Pilih Pada Hutan

Kebutuhan manusia terhadap kayu memang tetap harus terpenuhi walaupun hutan harus tetap dilestarikan. Tebang pilih adalah salah satu solusi dari hal itu yang mana hanya menebang pohon yang sudah tua dengan diameter serta tingginya yang cukup. Tebang pilih juga bisa menebang pohon yang sudah hampir mati sudah hampir roboh ataupun sudah mati.

Yuk Mulai Sekarang Lebih Respect Terhadap Kondisi Bumi

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa mulai saat ini harus lebih respect bagaimana kondisi bumi demi anak cucu kita nanti. Coba deh dengarkan lagu dengan judul dengar alam bernyanyi untuk memacu semangat kita dalam melestarikan bumi. Kalian bisa mendengarnya pada platform streaming music favorit seperti YouTube dengan link sebagai berikut https://youtu.be/lmKBZ8Wo6Ds , spotify serta Apple music.Semakin banyak yang mendengarkan lagu tersebut royalti yang diperoleh akan digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia. Gerakan lebihpeduli terhadap kondisi bumi harus tanamkan pada diri kita. Yuk mulai sekarang jaga bumi kita khususnya Indonesia yang merupakan paru-paru dunia #UntukmuBumiku #IndonesiaBikinBangga #TeamUpforImpact #DengarAlamBernyanyi

You May Also Like..

Dapur Solo Supermal Karawaci: Tempat Nongkrong Asik Baru di Tangerang!

Ohallo gengs!! Siapa nih yang nongkrong bareng teman-temannya? Kalau kamu suka, aku juga suka kok nongkrong bareng teman-teman karena nongkrong […]

ADA KENDARAAN TANPA AWAK DI BSD CITY! AUTONOMOUS ELECTRIC VEHICLES DARI SINAR MAS LAND.

Ohallo gengs? Apa kabar? Pernah gak sih kalian naik KENDARAAN TAPI GAK ADA SUPIRNYA?????? Kalau dipikir-pikir kok serem ya. Hihihi […]

Pertama Kali Coba Smart Lighting, Kamar Jadi Lebih Homy

Ohalo, terkadang kamar udah menjadi salah satu ruangan di mana saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Apalagi bekerja sebagai […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *