Vaksin Corona Sudah Tiba! Ini Dia Syarat-Syarat Penerima Vaksin Corona

alexchandra Berita

Ohallooo,

Tahun 2020 tahun yang berat ya? Tahun yang paling enggak pernah gue bayangkan kejadian seperti ini, berada di masa pandemi selama berbulan-bulan. Rasanya masih teringat betul di awal tahun, gue nongkrong bareng beberapa teman, membahas kondisi Wuhan, waktu itu bilang “Duh, amit-amit ini sampai terjadi di sini. Jangan dong.” Tapi ternyata, takdirnya harus begini. 

Ketika akhirnya pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19, Indonesia masuk masa pandemi, dan  lock down, gue cuma bisa berdoa semoga obat dan vaksin Corona bakal segera ada. Sampai di awal-awal masa pandemi gue rajin banget mantengin media sosial, mencari segala informasi terkait Covid-19 ini. Lama-lama bosen juga sih, apalagi beritanya malah bikin makin khawatir, yang penting gue terus semaksimal diri aja jaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menerapkan protokol kesehatan penting banget untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Teman-teman semua pastinya sudah selalu menerapkan 3 M protokol kesehatan kan? Awas jangan sampai enggak. Jangan dianggap remeh kondisi sekarang, sedih banget gue setiap baca kisah-kisah yang sakit. Banyak banget yang satu keluarga yang terpapar virus ini.

Biar makin aware, nih gue ingetin lagi tentang 3 M protokol kesehatan:

– Memakai masker

Please banget, jangan pernah enggak pakai masker saat mau pergi keluar rumah. Masker tuh bukan cuma digunakan kalau lagi sakit aja, kita semua meski sehat juga wajib memakai masker saat berada di luar rumah. Pakai masker itu harus menutup area hidung dan mulut, pastiin enggak ada sela diantara wajah dan masker. Jangan pegang-pegang masker atau area muka juga. Masker ini baru boleh dilepas saat sedang makan dan minum. Usahakan selalu dipakai ya.

– Mencuci tangan

Bawa selalu hand sanitizer setiap kali elo pergi keluar rumah. Terus rajin-rajin juga cuci tangan, untuk memastikan kebersihan tangan kita dari adanya virus. Selain rajin cuci tangan, sebaiknya juga hindari menyentuh benda-benda di tempat umum.  

– Menjaga jarak

Physical distancing bahasa kerennya, intinya sih elo harus selalu menjaga jarak. Ini termasuk sama teman-teman atau keluarga yang enggak tinggal serumah sama elo. Jangan sampai terkena droplet dari bersin atau batuk. Makanya  elo terus jaga jarak ya. Terus saat mengantri di kasir dan pada jaga jarak, jangan terus diselak dikira ada space kosong ya. Suka sebel gue ngeliat masih ada yang begitu.

Persiapan Sebelum Vaksin Corona

Kabar baiknya, akhirnya sudah ada vaksin Corona. Hore! Cukup lega gue pas tahu kabar ini. Vaksin Corona sudah tiba di Indonesia. Vaksinasinya sendiri mungkin akan dilakukan secara bertahap bagi masyarakat luas dengan skala prioritas di 2021. Semoga ini bakal bikin tahun 2021 enggak sekelam 2020.

Tapi ada yang harus diperhatikan juga seputar Vaksin Corona ini.  Karena jumlahnya masih terbatas, makanya akan ada skala prioritas untuk menerima vaksin ini.  Besar kemungkinan, petugas medis yang berada di garda terdepan akan didahulukan untuk menerima vaksin ini. Selain itu ada juga sejumlah syarat untuk jadi penerima vaksin corona. Udah pada tau belum syaratnya apa aja? Ini nih syaratnya:

  • Berusia 18 – 59 tahun
  • Tidak ada komorbid atau penyakit penyerta
  • Tidak sedang hamil
  • Tidak pernah terinveksi COVID-19

Nantinya proses vaksin corona ini diberikan secara disunik. Setiap orang akan diberikan 2 dosis dengan jarak sekitar 14 hari agar kekebalannya bisa optimal. Vaksin ini bisa didapatkan di fasilitas pelayanan kesehatan baik milik pemerintah maupun milik swasta. 

Kabar baik lainnya, pemerintah sudah mengumumkan kalau Vaksin Corona ini akan diberikan gratis. Hore lagi! Tapi kalau pun harus bayar sendiri dan mampu, saran gue sih tetap harus vaksinasi kalau memenuhi syarat untuk vaksin ini. Soalnya  vaksinasi ini bukan cuma soal kesehatan diri sendiri aja, tapi jadi tanggungjawab sosial, karena, pada sekelompok masyarakat yang cangkupan vaksinasinya rendah, artinya  saat ada penyakit infeksi, penularannya menjadi cepat, begitu juga sebaliknya. Pokoknya sih, selalu usahakan untuk stay safe ya. Kesehatan itu nomor satu.

Apalagi di saat kondisi pandemi seperti sekarang ini gue suka merasa khawatir kalau mau berobat. Kepikiran nanti harus ngantri lama di Rumah Sakit, takut juga terpapar penyakit lain karena terlalu lama berada di sana. Untung aja udah ada aplikasi Halodoc di smartphone gue. Kalau sakitnya enggak terlalu berat, gue bisa berkonsultasi via online. Tapi pas kemarin sakit lumayan lama, gue bisa daftar buat berobat dulu via Halodoc, jadi pas datang enggak perlu nunggu terlalu lama. 

Halodoc ini membantu banget untuk urusan seputar kesehatan. Halodoc memang terobosan yang memanfaatkan teknologi terkini, ia menawarkan kemudahan untuk akses kesehatan bagi penggunanya serta mempersingkat waktu.

Cuma lewat smartphone gue, gue bisa konsultasi dengan dokter secara online, terus juga daftar untuk konsultasi dokter langsung di Rumah Sakit dekat kosan gue. Pas kemarin gue butuh rapid test gue juga daftarnya lewat Halodoc, mempersingkat waktu banget, gue tinggal datang di jam yang udah ditentuin buat rapid test. Beli obat juga bisa melalui Halodoc, tapi kebetulan belum pernah gue lakuin. Mungkin nanti pas vaksin corona juga bakal bisa lewat Halodoc nih buat daftar. 

Di masa pandemi yang serba bikin cemas ini, Halodoc terasa banget  membantu. Pokoknya kalian semua tetap harus stay safe and healty ya. Ingat itu, 3 M selalu diterapkan kapanpun dimanapun. 

You May Also Like..

C’mon Kita ke Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020

Ohalo, Gimana nih kabarnya? Gue tahu banget pasti sebagian besar dari kalian mulai pada suntuk, bosan, dan enggak sedikit yang […]

5 Tips dan Trik Memilih Media Pembelajaran Online Saat Covid-19

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia masih menerapkan pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah, sehingga para siswa tidak bertatap muka langsung untuk […]

6 Tips dan Trik Bangun Kehidupan Sehat dan Berkualitas

Gaya hidup yang sehat merupakan impian dan hak bagi semua orang. Akan tetapi, realita menunjukkan sedikit saja yang dapat konsisten […]

12 Comments

  1. Semoga dengan adanya vaksinasi virus Covid 19 secara merata, pandemi bisa ditanggulangi dengan cepat dan kita bisa hidup kembali normal seperti dlu lagi

  2. Sama, Leee. Aku juga prihatin lihat yang santuy ngumpul-ngumpul sama teman TANPA pakai masker. Mikirnya, “Ya kan cuma sama temen gue. Gue udah lama kok kenal dia.” Ya terus kalo udah lama kenal, virusnya bakal peduli? >.<

  3. Alhamdulilah sudah datang dan katanya gratis juga ya, tapi sebelum vaksin dibagikan kita nggak boleh santuy2 juga dong ya, tetep ikutin protokol kesehatan, nggak lucu juga nggak kebagian vaksin gara2 sebelum disuntik eh kena corona, ya Allah amit2 deh

  4. Pandemi ini benar-benar membuat 2020 menjadi tahun yang penuh perjuangan
    Dengan adanya vaksin semoga bisa menjadi kabar yang baik dan nemutus mata rantai virus itu tak lagi meluas

  5. Duh kenapa ya buibu di warung sayur selalu gak bs jaga jarak. Baru aja dr warung nih soalnya, hehe… Semoga dg adanya vaksin kita semua bs hidup normal lg kayak dulu yaa

  6. semoga dengan adanya vaksin ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini ya kak. Usianya bisa sampai 59 tahun ternyata ya. saya pikir untuk usia produktif saja. Halodoc juga menjadi solusi di saat kondisi seperti ini ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *