Tips Menjaga Kesehatan Diri Dari Musim Hujan

alexchandra Finance, Lifestyle, Millennials

Hai gengs..

Gak Kerasa ya sekarang udah mulai masuk musim Hujan. Pada musim hujan ini pasti terkadang datang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam. Beberapa hujan ini menjadikan rutinitas menjadi terganggu dan mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Apabila tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh akan terkena penyakit yang lebih besar. Maka tak heran jika ruang tunggu dokter akan lebih penuh saat musim ini. Penyakit yang menjangkit dimusim penghujan ini bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, anak-anak juga justru lebih beresiko.

Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti diantarnya flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan. Dan apabila penyakit tersebut menjangkit anda, tentunya tubuh akan menjadi tidak fit akibatnya aktifitas sehari-hari akan menjadi terhambat. Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim pengujan?

1. Jaga pola makan

Asupan gizi merupakan aspek penting bagi daya tahan tubuh. Bila kurang nutrisi, daya tahan tubuh menurun. Sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang. Agar memenuhi zat gizi tercukup maka memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman.

Frekuensi makan per hari harus tetap diperhatikan dari sarpan, makan siang dan makan malam. Namu yang harus diprioritaskan adalah sarapan. Ini adalah kegiatan makan dan minum dari bangun hingga jam sembilan pagi untuk memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian. Disarankan juga mengonsumsi probiotik agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Mengonsumsi probiotik membantu menjaga ususu agar sistem pencernaan lancar. Contoh makanan probiotik adalah yogurt, tahu, tempe, dan acar.

2. Olah raga

Olah raga merupakan cara sederhana genks dan emang mudah tapi besar manfaatnya. Latihan fisik selama 30 menit mampu mengaktifkan sel darah putih. Dalam buku Guyton dan Hall, sel darah putih berfungsi menyediakan pertahan yagn cepat dan kuat terhadap daerah tubuh yang mengalami peradangan. Olah raga tidak harus dilakukan di luar ruangan, tapi juga dalam ruangan. Sehingga meski hujan, tetap bisa berolahraga dong.

3. Jaga kualitas tidur

Tidur merupakan waktu reses tubuh untuk pemulihan seluruh sistem anggota badan. Kualitas tidur itu sangat penting dalam menjaga kesehatan. Kemudian usia dewasa 26-64 tahun membutuhkan tidur 7-9 jam. Lalu para lanjut usia direkomendasikan tidur selama 7-8 jam.

4. Bawalah Payung 

Seperti kata pepatah “Sedia Payung Sebelum Hujan”, tips yang ini adalah cara yang paling efektif agar tidak terserang sakit selama musim hujan.  Nah, dengan memakai perlengkapan pelindung dari hujan seperti payung, jas hujan atau jaket bertudung, dan sepatu tahan air saat  ke luar rumah ketika hujan tiba. Usahakan memakai pelindung hujan ketika kita ingin pergi beraktivitas dan di luar sedang hujan

5. Kelola stres

Saat musim hujan, seseorang mudah stres. Misalnya karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun. Ketika seseorang stres akan berdampak secara fisiologis. Seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres.

Dalam buku Psikolog karya Carole Wade dan Carole Tavris, salah satu cara mengelola stres dengan menenangkan diri dengan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Caranya dengan membiarkan tubuh menerima ransangan apapun baik berupa suara, bau atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.

6. Happy Medari happyOne.id

Nah, ini adalah salah satu hal yang sangat penting. Memang kalau sudah terlanjur sakit apalagi ketika musim hujan banyak sekali kendaraan yang kurang hati-hati yang bisa saja mencelakakan diri kita walaupun kita tetap berdoa dan berikhtiar agar tidak terjadi apa-apa. Akan tetapi tentunya kita sudah tidak perlu khawatiar lagi jika diri kita sudah terlindung dari perlindungan Happyone.id yaitu HappyMe yang memberikan perlindungan bagi diri atas risiko kecelakaan diri. Dengan kemudahan premi kita yang tentukan sendiri biaya pertanggugan yang kita inginkan, dimulai dari premi Rp 50.000 – Rp 180.000,-

Dengan periode pertanggungan selama 1 tahun, kita bisa mendapatkan manfaat utama berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap karena kecelakaan. Manfaat tambahan lainnya yaitu:

  • Santunan rawat inap di rumah sakit karena kecelakaan minimal selama 5 hari berturut-turut
  • Tunjangan kehilangan pendapatan akibat cacat permanen karena kecelakaan
  • Santunan biaya pemakaman

happyOne.id adalah platform e-commerce baru dari asuransi Astra. Tidak hanya menawarkan produk happyMe. Tetapi, ada juga happyEdu, happyHome, dan happyTrip. Semua preminya tidak mahal, sehingga bisa menjangkau banyak kalangan.

Prosesnya kekinian karena bisa dilakukan melalui internet. Kita bisa membeli satu atau lebih polis hingga melihat riwayat polis hanya dengan OneID. Klaim happyOne juga mudah banget, kok. Cukup hubungi nomor 1 500 112, customer service akan selalu siap membantu selama 24 jam setiap hari.

You May Also Like..

Asuransi Pendidikan Anak by HappyEdu

Kita tahu pada dasarnya manusia itu dilahirkan dengan kecerdasan yang luar biasa. Namun tidak semua orang dapat mempergunakan kecerdasannya dengan […]

Memilih Rumah Yang Ideal

Sebagai kaum Millenial terkadang gue agak susah buat nabung dan cenderung suka jajan untuk gaya hidup gue. Namun gue seringk […]

Tips Travelling Sendirian Dengan Aman Dan Nyaman

Travelling Sendirian Siapa yang suka travelling alias jalan-jalan? Gue sendiri misalnya nih, bisa jalan-jalan beberapa kali dalam sebulan untuk wisata […]

1 Comment

  1. Iya nih musim hujan padahal masih banyak plan untuk main, harus jaga diri banget. Jaga kesehatan biar ga flu dan masuk angin. Kalau untuk proteksi jangan lupa asuransi sih memang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *