Tak Hanya Putri Indonesia, Ini 4 Kontes Kecantikan di Indonesia

alexchandra Berita, Lifestyle

Beauty pageant atau kontes kecantikan bukanlah hal yang baru lagi di Indonesia. Terbukti, Indonesia sudah sering mengirimkan wakilnya ke kontes kecantikan internasional seperti Miss Universe atau Miss World. Seiring berjalannya waktu, kontes kecantikan di Indonesia pun makin banyak adanya. Berikut adalah deretan kontes kecantikan yang bergengsi di Indonesia. 

1. Putri Indonesia

Putri Indonesia bisa dibilang sebagai pelopor kontes kecantikan di Indonesia dan dianggap terbesar dibanding kontes kecantikan lainnya. Kali pertama Putri Indonesia dihelat adalah pada tahun 1992, yang mana saat itu Indira Sudiro keluar sebagai pemenangnya. Putri Indonesia digelar di bawah naungan Yayasan Putri Indonesia yang diketuai oleh Mooryati Soedibyo. 

Seseorang yang menjadi Putri Indonesia nantinya, tentu saja memiliki 3 kriteria khusus, yakni brain, beauty, dan behavior. Pemenang akan dianugerahi gelar Putri Indonesia dan nantinya akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe. Runner up 1 diberi gelar Miss International Indonesia, sedangkan untuk Runner Up 2 diberi gelar Miss Supranatinal Indonesia. 

2. Miss Indonesia 

Kontes kecantikan kedua yang tak kalah besarnya adalah Miss Indonesia. Kontes kecantikan satu ini mulai dihelat sejak tahun 2005 silam, di bawah Yayasan Miss Indonesia yang diketuai oleh Liliana Tanoeoedibjo. Kriteria yang jadi penilaian pada kontes kecantikan ini adalah manner, impressive, smart, dan social atau bisa disingkat menjadi MISS. 

Jika pemenang Putri Indonesia menjadi wakil di ajang Miss Universe, maka pemenang Miss Indonesia menjadi wakil Indonesia di Miss World. Pengiriman pemenang Miss Indonesia ke ajang Miss World ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2006 silam. Selain title Miss Indonesia, ajang ini juga memberikan penghargaan lain seperti Miss Persahabatan dan Miss Favorit

3. Miss Earth Indonesia 

Kontes kecantikan di Indonesia selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah Miss Earth Indonesia. Sesuai dengan namanya, kontes ini tak hanya peduli pada kecantikan saja, namun juga pada kepedulian pesertanya pada pelestarian lingkungan hidup. Kontes kecantikan satu ini sudah dimulai sejak tahun 2007 silam, dengan berada di bawah naungan Yayasan Putri Bumi Indonesia. 

Ada 5 mahkota yang diperebutkan di kontes kecantikan yang memiliki slogan Beauty and Nature ini. 5 mahkota tersebut adalah Miss Earth Indonesia, Miss Earth Indonesia-Air, Miss Earth Indonesia-Water, Miss Earth Indonesia-Fire, dan Miss Earth Indonesia-Eco Tourism. Pemenang dari ajang Miss Earth Indonesia akan jadi wakil Indonesia di ajang Miss Earth. 

4. Miss Grand Indonesia

Miss Grand Indonesia bisa dibilang sebagai kontes kecantikan yang paling muda di antara kontes kecantikan sebelumnya. Pasalnya, kontes kecantikan satu ini mulai digelar pertama kali baru sejak tahun 2018 silam. Penyelenggara Miss Grand Indonesia ini di bawah naungan Yayasan Dharma Gantari dan Kementerian Pariwisata Indonesia, dengan Dikna Faradiba sebagai Direktur Nasional-nya. Namun, di tahun 2020 ini ajang Miss Grand Indonesia sudah berpindah tangan ke Yayasan Mega Bintang milik Designer ternama Indonesia yaitu Ivan Gunawan.

Jika Miss Earth berbicara tentang pelestarian dan perlindungan alam, maka Miss Grand ini bertujuan untuk menyuarakan perdamaian dunia. Pemenang dari ajang Miss Grand Indonesia ini nantinya akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Grand International. Selain gelar ini, ada juga gelar Miss Grand Indonesia Tourism dan Miss Grand Indonesia Social yang dianugerahkan. Itulah tadi 4 kontes kecantikan di Indonesia yang skalanya besar dan juga bergengsi. Peserta di tiap kontes kecantikan ini merupakan wakil dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Tak hanya kecantikan mereka saja yang diukur, namun juga sikap dan juga kepintaran mereka. Kamu sendiri, apakah tertarik mengikuti kontes kecantikan ini?

You May Also Like..

5 Tips dan Trik Memilih Media Pembelajaran Online Saat Covid-19

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia masih menerapkan pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah, sehingga para siswa tidak bertatap muka langsung untuk […]

6 Tips dan Trik Bangun Kehidupan Sehat dan Berkualitas

Gaya hidup yang sehat merupakan impian dan hak bagi semua orang. Akan tetapi, realita menunjukkan sedikit saja yang dapat konsisten […]

Freja Suites BSD City, Rumah Impian Masa Depan

Ohalo…. Dua bulan lebih sudah gue balik ke Lampung, sekarang saatnya gue bersiap-siap kembali ke Jakarta. Kalau ditanya gue lebih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *