Solusi Sakit Maag untuk para Pecinta Kopi

solusi sakit maag untuk penikmat kopi

alexchandra Event , , , , ,

Kamu seorang pecinta kopi? Tidak takut dengan sakit maag? Kalau terkena, apa solusi sakit maag ala kamu? Sebagai generasi millennial penyuka kopi, saya ingin berbagi informasi di sini tentang kopi, sakit maag dan cara mengatasinya. Simak yuk…

***

Kira-kira kapan terakhir kamu minum kopi?

Pasti deh baru saja ya kan? Sebagai generasi millennial kita memang sudah akrab dengan minuman yang namanya kopi. Apalagi saat nongkrong bareng teman ataupun meeting di luar kantor. Lebih sering menjadikan coffee shop sebagai pilihan untuk bertemu agar bisa sambil minum kopi. Sebagai informasi seorang pecinta kopi di kalangan millennial rata-rata menghabiskan 3-4 cangkir kopi setiap harinya.

Nah, saat di Coffee Shop pasti ada seorang barista yang membuat kopi yang kita pesan. Pernah gak sih kita membayangkan seorang barista yang harus melakukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka setiap harinya.

Ternyata seorang barista selalu mencoba kopi yang telah dia buat demi mendapatkan kopi yang sesuai dengan standar rasa milik yang dicintai konsumen. Kira-kira berapa cangkir yang dia buat dan akhirnya dia minum? Profesi Barista memang menjadi sangat potensial terkena penyakit maag apalagi saat mencoba kopi tersebut di pagi hari yang terkadang tidak sempat sarapan.

minum kopi bisa menyebabkan sakit maag gak

Menurut WHO, pada tahun 2012 orang yang menederita atau penderita penyakit maag mencapai 40,8 persen. Di Indonesia, sakit maag ini termasuk juga dalam 10 penyakit terbanyak pada pasien rawat inap di rumah sakit. Hmmm.. Lumayan ya. Lalu, apa sih sebenarnya penyebab penyakit lambung ini?

Penyebab Sakit Maag

Nah, biasanya penyakit maag disebabkan oleh kebiasaan pola makan yang kurang baik dan mengonsumsi makanan yang justru menyebabkan iritasi pada lambung, cemas, stress, rokok, dan sebagainya.

Beberapa faktor pencetus maupun penyebab penyakit maag di antaranya :

1. Faktor Asam Lambung

Lambung sebenarnya terlindungi oleh lapisan mukus. Akan tetapi, oleh karena beberapa faktor iritan (zat yang merusak) bisa menimbulkan efek atau kelainan lapisan mukus tersebut serta difusi balik ion H+ (bersifat asam). Asam lambung ini, jika berlebihan akan merusak lapisan mukus lambung tadi.

Zat yang merusak tadi bisa berasal dari makanan, minuman, obat-obatan tertentu, alkohol dan zat-zat lainnya.

Selain itu stress yang dialami seseorang juga bisa memicu kenaikan asam lambung. Stress dan kecemasan memegang peranan penting pula dalam peningkatan asam lambung, khususnya penderita maag tingkat lanjut, yaitu sudah terjadi luka atau borok di lambung maupun usus 12 jari (tukak peptik).

Pada beberapa keadaan, seseorang bisa terkena penyakit maag akibat komplikasi penyakit yang dideritanya, misalnya gagal ginjal, luka bakar berat, liver atau penyakit berat lainnya. Kondisi penyakit maag yang timbul akibat mengalami stress dengan penyakit utamanya ini disebut Gastritis Akut Stress.

2. Refluks Cairan Empedu

Refluks (aliran balik) dari cairan empedu ini terjadi jika mekanisme penutupan otot penghubung antara lambung dan usus 12 jari tidak bisa bekerja normal. Sehingga menimbulkan difusi balik ion H+.

3. Infeksi Kuman Helycobacter Pylori.

Infeksi kuman Helycobacter Pylori juga berperan penting dalam menimbulkan penyakit maag yang berat, yaitu borok (tukak) baik di lambung maupun di usus 12 jari. Meskipun kuman inipun juga berhubungan dengan lingkungannya, yaitu asam lambung dan cairan empedu, kuman Helycobacter Pylori membentuk suatu zat (Cytokines Vacuolating) yang mempunyai efek toksik langsung pada sel epitel di lapisan mukosa.

#CeritaDiBalikBarista Berbagi Solusi Sakit Maag untuk Millennial Pecinta Kopi

Kemarin saya mengikuti event #CeritaDiBalikBarista di Liberica Coffee, Pasaraya Blok M yang menampilkan seorang barista profesional.

Barista terebut bernama Muhammad Aga biasanya dipanggil Aga. Aga adalah juara 1 dari Indonesia Barista Champion 2018.

Saat acara kemarin ternyata Aga juga merekomendasikan solusi sakit maag bagi para pecinta kopi seperti saya yaitu meminum promag. Pasti tau donk aah tentang obat ini ya. Tidak asing lah bagi orang Indonesia mendengar obat ini.

barista yang berhadapan dengan kopi siap dengan solusi sakit maag
M. Aga – Sebagai barista, sering diharuskan menyicipi kopi, makanya harus siap dengan solusi sakit maag yang tepat!

Promag – Solusi Sakit Maag yang Tepat

Promag sendiri mempunyai keunggulan sebagai solusi sakit maag. Menurut Indra Sugiharto, Senior Brand Manager Promag “Formula Hydrotalcite” yang ada pada Promag, mampu bekerja cepat atasi maag dan melindung lambung.

Hydrotalcite ini membantu membentuk lapisan dinding lambung yang membantu mengurangi rasa nyeri karena asam lambung, sehingga Promag sangat tepat sebagai solusi sakit nyeri lambung ini.

Promag sendiri sekarang ternyata sudah ada yang cair loh guys. Jadi kalian tidak perlu ribet untuk yang promag tablet yang sudah terpercaya selama hampir 45 tahun. Promag sendiri sudah teruji klinis, harga terjangkau dan sangat cepat meredakan maag.

Buat yang punya gangguan lambung akan bisa kembali menikmati harinya dan tetap produktif setelah mengkonsumsi Promag. Karena Promag hadir sebagai solusi sakit maag.  Minum kopi tanpa sakit maag, siapkanlah Promag yang tersedia dalam bentuk Promag Cair, Promag Tablet hingga Double Action.

Pahami Juga Gejala Sakit Maag Agar Bisa Segera Mengatasinya!

Begitu pula yang dilakuuan oleh Aga, membawa Promag kemana-mana untuk antisipasi mengurangi sakit maag, tapi kita juga harus tahu gejala-gejala gangguan lambung / sakit maag itu seperti apa saja:

  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • Cepat kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Mual
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Sering bersendawa
  • Muntah
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada yang muncul ketika atau setelah makan

Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naik asam lambung ke kerongkongan adalah gejala yang paling sering terjadi.

Akan lebih buruk ketika penderita sakit maag mengalami stress. Selain stress, masuknya udara lewat mulut ketika mengkonsumsi makanan juga bisa membuat perut semakin kembung dan frekuensi sendawa semakin sering.

Kopi dan Sakit Maag

Rupanya, dari segi kesehatan, kopi memang selalu disebut sebagai minuman pemicu asam lambung yang cukup bersiko buat orang yang punya sakit maag. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memang menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung dan perdagangan pada lambung.

Kafein juga dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah sehingga asam  lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti yang dialami oleh orang yang terkena GERD (Refluks asam lambung), dada atau tenggorokan terasa panas dan terbakar (heartburn).

Meskipun banyak kedai kopi yang menawarkan kopi dengan kafein rendah (dekafein) tapi tetap tidak memberikan pengaruh bagi orang yang punya gangguan lambung / sakit maag.

Bagi mereka yang berprofesi sebagai barista profesional, pecinta kopi ataupun peminum kopi pemula tidak usah takut kena gangguan lambung / sakit maag karena ada Promag Ahlinya Lambung yang selalu berupaya memberikan solusi inovatif supaya orang yang punya sakit maag bisa menikmati harinya dengan indah dan produktif.

Secangkir Inspirasi Tanpa Pusing Sakit Maag

Secangkir kopi bisa memberikan begitu banyak insipirasi, menghidupkan kebahagiaan dan membangun kehangatan besilaturahmi. Sekarang, kita sudah punya solusi sakit maag juga, jadi tetap bisa menjadi inspirasi.

Bagaimana menurut kalian guys?

You May Also Like..

Travelling jadi Hepi dengan HappyTrip dari HappyOne ID

Ada yang suka Travelling? Pada jaman sekarang gue sebagai anak muda yang suka banget dengan travelling. Banyak anak-anak muda yang […]

Membankitakn keeksistensian Louhan dengan Indonesia Louhan Competition #3

Haiii guys.. Ada yang pernah denger gak sih kata Louhan? Pasti pada ingat ya ikan Louhan, ikan yang dulu pernah […]

BUKBER PAGEANT LOVERS 2018

Buka Puasa Bersama Pageant Lovers 2018   Di bulan suci Ramadan yang ditunggu-tunggu setiap umat muslim. Ada kebiasaan yang mampu […]

1 Comment

  1. Dulu aku ngandelin promag tablet buat solusi sakit maag aku. Agak-agak ga enak gitu harus ngunyah sampai potongan kecil, lama-lama rasanya pahit. Sekarang promag ada yang cair itu bikin happy. Tinggal tenggak glek glek glek… telen, sakit maag ga lama sembuh. asal ga telat nanganinnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *