Omnibus Law untuk Koperasi dan UKM lebih berkembang

alexchandra Event

Ohallo gengssss…
Siapa yang pernah mendengar kata Koperasi dan UKM? Dulu jaman gue kuliah dulu pernah Koperasi Mahasiswa, tepatnya di Koperasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Gue sih gak terlalu asing dengan Koperasi.

Nah, sejarah berdirinya Koperasi ini adalah azas adil bagi seluruh anggotanya. Keadilan dan Kesejahteraan Bersama, inilah dua poin yang bikin aku mau join Koperasi Mahasiswa.

Namun demikian, perjalanan Koperasi pada kenyataannya tak terlepas dari masalah-masalah yang menghambat perkembangannya dan selama ini kerap menyulitkan Pelaku Koperasi dan UMKM di Indonesia, diantaranya :
– Kesulitan perizinan UMKM
– Kesulitan mendirikan Koperasi
– Kesulitan membangun kemitraan UMKM
– Kesulitan dalam pembiayaan
– Kesulitan akses pasar

Masalah inilah yang menjadi pembahasan dalam acara NgetemXKUKM bertema “Ngobrol Bareng Teten Bersama Koperasi dan UKM tentang Omnibus yang diadakan di Gedung Smesco Indonesia pada 9 Maret 2020 lalu.

Seperti temanya, acara ini langsung menghadirkan Bapak Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM RI sebagai narasumber. Sehubungan dengan masalah Koperasi dan UMKM yang tengah dihadapi saat ini (telah disebutkan di atas), Pak Teten membahas pula mengenai Omnibus Law yang diharapkan bisa menjadi satu rumusan solusi yang bisa menuntaskan segala permasalahan tersebut.

TUJUAN OMNIBUS UNTUK KOPERASI DAN UKM INDONESIA


• Menghilangkan tumpang tindih peraturan dan memangkas birokrasi yang menggantikan dari berbagai bidang.  Koperasi dan UMKM (KUMKM) merupakan bidang yang masuk dalam Omnibus Law.
•  Pembahasan Omnibus Law terkait koperasi dan UMKM.  memastikan segala hambatan regulasi bagi tumbuh  dan kembangnya koperasi  dan UMKM ditiadakan.  Kementerian Koperasi dan UKM meminta agar entitas koperasi dan UMKM mendapatkan keadilan, perlindungan dan kemudahan berusaha.
• Melalui Omnibus Law diharapkan koperasi dan UMKM akan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan dan terciptanya pemerataan kesejahteraan masyarakat.  
Jelas dalam hal ini , Kementerian Koperasi dan UKM memastikan seluruh kepentingan Koperasi dan UMKM diperlakukan secara adil, diberikan kemudahan dalam berusaha dan dipastikan tidak ada yang dipersulit.

You May Also Like..

Yuk, Ubah Gaya Hidup Kamu dengan DNA Journal dari Generali Indonesia

Ohallo genks!! Gimana tidur kalian tadi malam? Nyenyak? Duh semoga tidur kalian pada nyenyak dan berkualitas ya. Karena tidur yang kurang […]

Styrofoam: Pilihan Aman Dan Praktis Untuk Wadah Makanan

Hai gengs, apa kabar? Kali ini aku mau nanya nih siapa yang suka jajan makanan? Kalau dibawa pulang biasanya dibungkus […]

Astra Financial di GIIAS 2019 Banyak Promonya

Hai gengss!!Aku kemarin datang ke GIIAS 2019. Ada yang tahu?Buat kalian yang belum tahu GIIAS adalah singkatan dari Gaikindo Indonesia […]

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *