Kampanye Makan Buah Pear dengan Kampanye Supear

alexchandra Millennials

Buah Pear

Oh iya udah pada tau belum sejarah buah Pir? Buah Pir yang catatan sejarah tertua adalah sebagai buah ajaib untuk penyembuhan ditemukan pada tablet lempung di Sumer di Mesopotamia kuno, sekitar 2.750 B.C. Padahal kemungkinannya sejarah buah pir jauh lebih tua dari itu. Dalam 10 SM, Homer menyebut buah Pir sebagai “karunia keajaiban para dewa,” dan salah satu dari buah-buahan yang hadir di Taman Alcinous. Selama berabad-abad, catatan sejarah telah mencatat kehadiran buah Pir dalam sejarah monarki di seluruh Persia, Cina, dan Roma. Ketika peradaban menyebar, ribuan varietas buah pir muncul dan dibudidayakan di seluruh Eropa.

Di Cina kuno, orang percaya bahwa buah pir mewakili keabadian dan kemakmuran karena pohon pir hidup untuk waktu yang lama. Di Korea, buah pir melambangkan rahmat dan kebangsawanan. Pohon pir merupakan simbol kenyamanan. Dalam banyak legenda Korea, pir memberi kesuburan wanita. Ini juga membuat buah pir yang dipercaya khasiatnya memberikan kebijaksanaan dan kesehatan. Dalam beberapa konteks sejarah Kristen, buah ir melambangkan Perawan dan Anak, kemungkinan karena manisnya. Dalam novel, Mata Mereka Mengawasi Tuhan oleh Zora Neale Hurston, pohon pir melambangkan kedamaian batin. Buah pir adalah simbol kasih sayang dalam banyak kebudayaan. Dalam bahasa China, kata li berarti kedua pir dan pemisahan, sehingga dikatakan bahwa untuk menghindari pemisahan, teman dan kekasih tidak boleh membagi pir di antara mereka terutama ketika tahun baru.

Hari Pir Sedunia

Pada musim buah Pir dari Amerika tahun 2018 – Sembutopia akan memprakarsai sebuah kampanye kreatif “SUPEAR”
Tanggal 1 Desember 2018 merupakan hari buah Pir sedunia.

Sebelumnya ada yang tahu tentang Sembutopia? Sembutopia adalah sebuah gerakan kemasyakatan yang punya tujuan memotivasi dan menginspirasi masyarakat, agar mampu memberdayakan kemampuan diri sendiri bagaimana hidup sehat, sembuh dari gangguan baik raga maupun jiwa, dan bagaimana hidup tanpa obat.

Sembutopia didirikan oleh bapak Kafi Kurnia. Setelah setahun Sembutopia kini sudah memiliki 2 apotik, satu sekolah catur dan perusahaan penyembuhan lingkungan, atau biasa disebut perusahaan cleaning service and pest control. Yang ternyata saat ini sudah memperkerjakan 100 orang karyawan. WOW banget kan?

Rencananya “SEMBUTOPIA” akan terus mengadakan sejumlah aktifitas dalam pemberdayaan sumber daya diri masyarakat untuk hidup lebih produktif dengan gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Salah satu contohnya dengan mengadakan kampanye Supear. Dan tahun sebelumnya Sembutopia juga telah sukses mengadakan kampanye buah dengan menggunakan buah apel washington, sehingga Bapak Kafi sempat memiliki julukan Bapak Washington.

Dan di tahun ini, Sembutopia akan mengadakan kampanye Supear tahun ini untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi buah pir setiap hari. Kampanye ini akan diadakan tanggal 1 Desember 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Pir Sedunia ( World Pear day ).

Manfaat Buah Pir

Buah pir cukup familiar bagi orang Indonesia. Terkadang buah ini dibuat camilan sehat yang lezat, kaya akan kandungan serat, mineral dan nutrisi vital lainnya. Meski dikenal sebagai buah berkalori rendah, pir juga mengandung antioksidan kaya dan bahkan dikenal bisa mencegah kanker. Terlebih lagi, membantu membangun tingkat imunitas dalam tubuh. Dalam pir  mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, folat, senyawa fenolik, mangan, serat, vitamin B dan juga magnesium. Dari sekian banyak nutris dalam buah ini, tentunya juga banyak manfaat buah pir hijau untuk kesehatan tubuh seperti yang akan kami bahas dalam ulasan berikut:

1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Dalam setiap buah pir mengandung 18% kebutuhan serat harian yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebagian besar serat dalam pir hijau yakni polisakarida non larut akan bertindak untuk menyehatkan usus, merangsang sekresi lambung dan cairan pencernaan, mengurangi sembelit, solusi diare sekaligus membantu pembuangan tinja dan menghilangkan efek radikal bebas pada usus besa

2. Menurunkan Berat Badan

Seperti jenis buah lainnya, pir hijau merupakan buah dengan sumber antioksidan yang tinggi berguna untuk memerangi segala macam penyakit dan kondisi dalam tubuh. Antioksidan dalam pir hijau akan berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas yang terakumulasi pada tubuh sesudah proses metabolisme sel dimana radikal bebas tersebut bisa mengubah DNA sel sehat menjadi kanker. Komponen antioksidan dalam buah pir seperti vitamin A, vitamin C dan juga senyawa flavonoid seperti lutein dan beta karoten ini nantinya bisa membersihkan segala penumpukan senyawa dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker

Antioksidan dalam buah pir hijau juga memiliki aktivitas anti karsinogenik yang artinya menjadi buah solusi kanker. Buha pir ini bisa anda konsumsi untuk pencegahan beberapa jenis kanker seperti rektum, usus besar, prostat, payudara dan juga paru paru.

4. Meningkatkan Imunitas

Pir yang kaya akan antioksidan dan vitamin C ini bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh sebab bisa merangsang produksi sel darah putih yang membantu dalam proses penyembuhan flu biasa dan penyakit ringan lainnya.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pir yang kaya akan antioksidan dan vitamin C ini bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh sebab bisa merangsang produksi sel darah putih yang membantu dalam proses penyembuhan flu biasa dan penyakit ringan lainnya.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah pir adalah buah yang tinggi akan kalium sehingga secara signifikan berpengaruh terhadap kesehatan jantung sebab potasium merupakan vasolidator yang sangat terkenal. Mengkonsumsi buah pir dengan teratur bisa menurunkan tekanan darah yang berarti juga mengurangi tekanan pada seluruh sistem kardiovaskular dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

7. Mempercepat Penyembuhan

Vitamin C adalah salah satu bagian penting pada sintesis jaringan baru di berbagai organ serta struktur sel tubuh. Buah pir ini akan menjaga metabolisme tubuh supaya bisa berjalan dengan baik yang selanjutnya juga membantu mempercepat proses penyembuhan luka karena kandungan asam askorbat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah pir secara teratur, maka bisa memperbaiki pembuluh darah yang mengalami kerusakan, mengurangi tekanan di sistem kardiovaskular sekaligus mencegah penyakit jantung tertentu yang sedang berkembang.

8. Meningkatkan Sirkulasi

Untuk penderita anemia atau kekurangan mineral lain, pir hijau sangat membantu sebab kandungan zat besi dan tembaga dalam buah ini, Tembaga akan memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral ke dalam sistem serta meningkatkan kadar zat besi yang tentunya juga meningkatkan sintesis sel darah merah. Zat besi merupakan bagian penting dalam hemoglobin dan anemia merupakan nama lain dari defisiensi zat besi. Untuk itu, bagi anda yang menderita anemia disarankan mengkonsumsi buah pir ini yang bisa mengatasi gangguan fungsi kognitif, mencegah kelelahan, mengatasi kelemahan otot dan juga malfungsi sistem organ.

9. Mencegah Cacat Lahir

Folat merupakan komponen nutrisi penting yang ada dalam buah pir hjau. Asam folat sudah berkorelasi positif dengan pengurangan defek tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Sehingga mengkonsumsi buah buahan tinggi akan asam folat seperti pir hijau sangat baik untuk melindungi kesehatan bayi dan menjadi alasan utama kenapa wanita hamil harus mengkonsumsi buah ini.

10. Mengurangi Peradangan

Komponen antioksidan dan flavonoid dalam pir hijau bisa menginduksi efek anti inflamasi dalam tubuh, mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan peradangan seperti gejala radang sendi, rematik, asam urat dan kondisi serupa lainnya.

Ada begitu banyak manfaat pir bagi kesehatan tubuh mulai dari anak anak, orang dewasa bahkan wanita hamil sekalipun. Untuk itu disarankan banyak mengkonsumsi buah pir secara teratur agar bisa mendapatkan semua nutrisi yang terkandung dalam buah menyegarkan ini.

Yuk dukung hari Pir Sedunia!!

You May Also Like..

Cerdas Berliterasi Membangun Masa depan Milenials dengan Festival Literasi Sekolah 2019

Haii gaeessss.. Apa kabar? gue cerita nih kalau gue hari sabtu tanggal 27 Juli kemarin datang ke acara Festival Literasi […]

Astra Financial di GIIAS 2019 Banyak Promonya

Hai gengss!!Aku kemarin datang ke GIIAS 2019. Ada yang tahu?Buat kalian yang belum tahu GIIAS adalah singkatan dari Gaikindo Indonesia […]

Tips Outfit Style Hitam Putih Cocok untuk Cowok ke Kampus

Hai semua.. Kalian sebagai mahasiswa kalau ke kampus biasanya menggunakan outfit apa sih? Full Color? Senada warnanya? atau sepenglihatan mata […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *