Dapur Solo Matraman – Tempat Nongkrong Baru di Jakarta Timur

alexchandra Kuliner, review

Ohallo!! Ada yang tau gak slogan #AhlinyaMasakanJawa ini punya siapa?

Yups!! Seperti judul pada post artikel aku kali ini, slogan tersebut miliknya Dapur Solo yang sudah ada sejak tahun 1988. Kemarin aku berkesempatan untuk menghadiri acara Blogger Gathering yang memang berada di Dapur Solo Nyonya Swan di Matraman, Jakarta Timur.

Setiba di Dapur Solo Matraman ini aku disambut dengan nuansa jawa modern yang terdapat pada desain interiornya. Alunan musik gamelan juga terdengar seperti menyambut kita yang baru datang ke Dapur Solo jadi cocok banget buat yang pengen cari suasana yang nyaman di tengah sibuknya kota Jakarta. 

RESTO TOUR

Ketika aku masuk ke dalam seketika mataku terpesona dengan interior restoran. Terdapat barisan toples-toples kecil yang berisikan rempah-rempah khas Jawa terpajang di bagian ruangan dekat pintu masuk dan bersebelahan langsung dengan area kasir. Dan kalian harus tau kalau di sebelahnya meja kasir ada deretan bubur manis khas Jawa yang bisa lihat dan banyak pilihannya seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan lain-lain.

Kemudian seperti Visit Store aku dan teman-teman blogger lainnya melihat-lihat apa saja yang ada di Dapur Solo Nyonya Swan di Matraman, Jakarta Timur. Terdapat 2 pilihan kita bisa duduk ya. Ada di dalam ruangan yang artinya berAC dan juga ada di luar ruangan. Jadi bisa merokok. Setelah melihat suasana tempat kita makan yang nyaman lalu terlihat coffee bar. Kemudian aku melihat ada mas-mas barista yang lagi sibuk menyiapkan pesanan kopi dari pelanggan.

Selanjutnya kami menuju ruangan ruang VIP yang bisa digunakan untuk acara kantor dengan kapasitas 60-90 orang. Namun untuk kapasitas kecil juga ada ruang meeting dengan kapasitas 10-15 orang. Dengan daya tampung Dapur Solo Matraman ini yang mencapai 250 orang (sitting) ini menjadikan Dapur Solo Matraman yang ada di Jakarta Timur ini bisa dipakai untuk berbagai acara gathering seperti arisan, ulang tahun, meeting kantor, dan berbagai acara lainnya.

Ruang VIP dengan kapasitas 10-15 orang

Selain itu juga untuk fasilitas lainnya seperti tempat parkirnya bisa terbilang cukup luas ya, terdapat di bagian depan dan belakang. Untuk yang Muslim juga disediakan Ruangan mushola. Eitss bukan hanya itu abang-abang ojol yang sedang melakukan pemesanan juga disediakan ruangan khusus di bagian belakang yang dilengkapi fasilitas air minum gratis, salut sama Dapur Solo Matraman ini.

NONGKRONG DI DAPUR SOLO MATRAMAN

Nongki sepertinya ga afdol yes ga ditemani dengan secangkir Kopi. Ya dongs Kopi memang menjadi sebuah minuman yang sangat disukai oleh segala kalangan masyarakat. Bagi sebagian orang kopi sudah menjadi teman pendamping bagi mereka yang membutuhkan inspirasi. Bagi para penikmatnya, kopi memiliki arti yang cukup mendalam. Kopi tak hanya sekadar minuman saja, tetapi juga mengandung filosofi yang mendalam, terutama tentang kehidupan. Dengan meminum kopi terlebih dahulu, mungkin bisa menenangkan pikiran sebelum memulai aktivitas pada hari itu. Tak hanya itu, banyak yang menyebut kopi bisa mendatangkan inspirasi.

Ngomong-ngomong tentang kopi nih ya. Aku mendapatkan kesempatan untuk melihat pembuatan kopi menu dari Dapur Solo dan tentunya juga mencicipi cita rasanya. Dapur Solo yang memang selalu berinovasi menciptakan menu-menu baru yang disukai menjadi salah satu ciri khasnya jadi gak heran Dapur Solo tetap dicintai para penikmat kuliner. Apalagi Kopi ya kan? Minum Kopi dengan suasana yang aku tuliskan di atas. Duh, bikin betah deh nongki nya.

Dapur Solo juga ketika menyediakan menu kopi tidak sembarang dalam memilih biji kopi yang akan disajikan. Selalu mengutamakan produk kuliner Nusantara dan biji kopinya didatangkan dari Temanggung, Jawa Tengah yang merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Berbeda dari kopi daerah lainnya, Kopi dari Temanggung ini memiliki citarasa yang khas dari tembakau. Kebayang dong rasanya bagaimana?

Dengan menggunakan biji kopi Temanggung ini yang telah melalui proses roasting pada level medium to dark. Pada level ini biji kopi yang disangrai cenderung memiliki body lebih heavy dengan kemilau minyak pada permukaannya. Jadi bagi aku ataupun kalian yang takut ‘ngopi’, jangan khawatir karena Dapur Solo sudah mencampurkan 70 persen biji kopi Robusta dengan 30 persen biji kopi Arabika, sehingga didapat rasa kopi yang kuat namun tetap aman di lambung. Jadi ga perlu takut ya.

FYI nih, Salah satu keunikan dari kopi yang disajikan di Dapur Solo tidak hanya itu saja, biji kopi pilihan tersebut digiling dan di press menggunakan alat yang dikerjakan secara manual sehingga mendapati rasa kopi espresso yang lebih pekat. Espresso inilah yang menjadi bahan utama pembuatan 3 kopi yang aku dan teman-teman blogger akan nikmati kali ini. Dan inilah 3 kopi yang dibuat:

1. Kopi Susu Spesial Gula Aren

Kopi ini adalah menu kopi yang paling banyak dipesan di Dapur Solo bisa dibilang juga yang paling favorit ya. Rasa manis yang didapatkan dari gula aren dan susu kemudian disatukan dengan one shot espresso terasa sangat creamy juga segar apalagi bila es kopi susu ini dinikmati di cuaca yang panas akan semakin terasa tentunya.

Buat aku yang memang bukan seorang coffee addict, one shot espresso di dalam Es Kopi Susu Spesial Gula Aren udah cukup bagiku. Namun, bagi kalian yang memang seorang coffee addict alias penyuka kopi, aku sarankan untuk memesan double shot untuk mendapatkan citarasa kopi yang lebih kuat di dalam Es Kopi Susu Spesial Gula Aren. 

2. Alpukat Kopi Gula Aren

Ketika dihadirkan Alpukat Kopi Gula Aren ditampilkan dengan dua opsi, yaitu Alpukat yang sudah di blend disatukan dengan one shot espresso dan satunya lagi one shot espresso nya terpisah, jadi kita bisa ingin menambahkan seberapa banyak espresso yang akan dicampurkan.

Aku sebagai orang yang memang bukan penyuka kopi, suka-suka saja hanya saja karena aku adalah penyuka manis jadi meminta tambahan gula arennya untuk meningkatan rasa manis alpukatnya.

3. Kopi Hitam Putih

Kopi ini adalah menu kopi terbaru di Dapur Solo, lho! Aku merasa beruntung banget karena bisa menjadi salah satu orang yang dapat mencicipinya langsung. Selain Kopi Hitam Putih ada juga kopi terbaru lainnya, yakni Kopi Tetes, namun kedua kopi ini langsung aja aku ulas ya menjadi satu karena memiliki proses pengerjaan yang sama hanya berbeda pada sentuhan akhir yaitu Kopi Hitam Putih merupakan Kopi Tetes yang diberi topping susu kocok di atasnya.

Kopi Hitam Putih maupun Kopi Tetes ini dibuat dengan menggunakan alat seduh Vietnam drip lalu menggabungkan karakter rasa kopi yang kuat dengan manisnya susu kental. Vietnam drip merupakan metode seduh dengan cara ekstraksi lewat tetesan. Dengan cara seduh ini dapat memecah rasa pahit dari kopi, sehingga didapat rasa kopi yang tidak dominan. Namun Kopi Hitam Putih lebih cocok buat aku yang memang seorang yang menyukai manis.

Nah, Bagaimana apakah kalian tertarik nongkrong di Dapur Solo Matraman?

You May Also Like..

Dapur Solo Supermal Karawaci: Tempat Nongkrong Asik Baru di Tangerang!

Ohallo gengs!! Siapa nih yang nongkrong bareng teman-temannya? Kalau kamu suka, aku juga suka kok nongkrong bareng teman-teman karena nongkrong […]

Pertama Kali Coba Smart Lighting, Kamar Jadi Lebih Homy

Ohalo, terkadang kamar udah menjadi salah satu ruangan di mana saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Apalagi bekerja sebagai […]

3 Keunggulan ASUS Zenbook SPACE EDITION, Laptop Terbaru dengan Inovasi Futuristik Bertema Luar Angkasa!

Ohallo…. Teman-teman udah pada liat belum postingan di IG gue waktu datang ke acara peluncuran ASUS ZENBOOK 14x OLED SPACE […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *