C’mon Kita ke Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020

alexchandra Berita, Event, Lifestyle

Ohalo,

Gimana nih kabarnya? Gue tahu banget pasti sebagian besar dari kalian mulai pada suntuk, bosan, dan enggak sedikit yang mengalami masalah ekonomi akibat masa pandemi ini. Kondisi beberapa bulan terakhir ini memang terasa berat banget ya. Tapi gue percaya, kita semua akan segera keluar dari masalah ini. Amin. Tetap semangat ya.

Menjelang bulan Oktober gini tuh, ada satu hal yang bikin gue kangen. Ada yang tahu apa? Pameran produk-produk Indonesia. Gue tuh paling suka berjalan mondar-mandir kayak lagi di catwalk lihat-lihat produk kerajinan tangan. Enggak cuma dilihat sih, biasanya berakhir dengan pulang dengan membawa hasil belanjaan. 

Padahal di saat seperti ini menurut gue adanya kegiatan pameran yang menghadirkan produk-produk karya anak bangsa itu penting banget lho. Justru di saat seperti ini, UMKM butuh banget untuk bisa terus eksis dengan menjual kreasinya. Pada setuju enggak sama pemikiran gue ini?

Eh tapi ternyata gue salah. Meski masih dalam kondisi pandemi, tapi Karya Kreatif Indonesia 2020 tetap akan berlangsung. Yeay! KKI 2020  ini akan dilangsungkan secara virtual sebagai bentuk penyesuaian terhadap dinamika ekonomi nasional di masa pandemi dan peradaban baru yang lebih digital, dengan UMKM sebagai fokus pengembangan untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru menuju Indonesia maju. “Mendorong UMKM Menjadi Kekuatan Baru Perekonomian Nasional Melalui Digitalisasi Akses Pasar”, menjadi tema besar KKI Virtual 2020.

Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020 

Ternyata meskipun sekarang masih masa pandemi, tapi bukan berarti KKI tidak bisa berlangsung. Karya Kreatif Indonesia 2020 tetap berlangsung dengan cara yang menurut gue keren banget: pameran virtual. Bayangin kali ini gue bisa dateng ke pameran tanpa harus macet-macetan dan bahkan sambil rebahan. KKI 2020 ini akan menampilkan 337 produk UMKM yang disajikan dalam e-katalog binaan Bank Indonesia. 

Selain Pagelaran Karya Kreatif, akan ada juga Kolaborasi, Pesta Kuliner, Edukasi Onboarding, Temu Bisnis, juga Konsultasi Bisnis. Gue kasih bocoran beberapa bintang tamunya ya. Di acara KKI 2020 ini akan ada Hermawan Kertajaya, Itang Yunaz, Vina Panduwinata, Prita Laura, dan masih banyak lagi. Duh pasti keren banget kan.

Sumber: Instagram @KaryaKreatifIndonesia

Gue sudah sempat intip persiapan Karya Kreatif Indonesia 2020 nanti melalui  website mereka di https://karyakreatifindonesia.co.id/ . Nantinya akan ada area hall of inspiration, area kain dan kerajinan, area kopi premium, serta area makanan dan minuman. Rasanya kok gue enggak sabar ya menanti event ini berlangsung. Kalian juga nanti yang mau ikut serta tinggal akses dari website itu aja. Semudah itu, guys! 

Selain pameran virtual KKI 2020 juga ada pameran fisik di 19 kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri yang berada di zona hijau. Tentunya dengan menerpakan protokol kesehatan yang ketat.

Sekilas Tentang Karya Kreatif Indonesia

Tak kenal, maka tak sayang. Sebelum ke acara KKI 2020 Virtual, gue mau ajak buat berkenalan dulu sama Karya Kreatif Indonesia. KKI ini merupakan program pengembangan UMKM oleh Bank Indonesia yang dilakukan untuk mendukung fungsi, tugas, dan kewenangan Bank Indonesia di bidang kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran. 

UMKM harus bisa berkembang agar perekonomian negara juga terus membaik. Makanya untuk mendorong UMKM sebagai sumber pertumbuhan, Bank Indonesia menyusun strategi Nasional Pengembangan UMKM yang menekankan pada 3 pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, kapasitas, dan pembiayaan. Diharapkan ini semua dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia selama ini.

Tema pengembangan UMKM Unggulan tentunya dilakukan untuk mendukung indsutri kreatif, kegiatan ekspor, dan pemberdayaan perempuan, dengan memfokuskan pada komoditas orientasi ekspor dan pendukung pariwisata seperti kain, kerajinan, kopi, dan makanan minum olahan. Produk kreatif berbasis kain tradisional yang merupakanan kekayaan budaya daerah sangat lekat dengan pemberdayaan perempuan, sudah pasti ini memiliki potensi peningkatan nilai tambah tinggi, dan berpotensi ekspor dengan kekhususan value, dan keunikan produk karena mengandung nilai budaya, dan unsur heritage, yang dibuat handmade.

sumber: www.karyakreatifindonesia.com

Untuk meningkatkan akses pasar UMKM, sejak tahun 2016 Bank Indonesia menyelenggarakan Pameran Karya Kreatif (KKI). Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara  didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menumbus pasar internasional.

Sejak tahun 2019, kosep KKI diselenggarakan sebagai sebuah festival dengan format perayaan kesuksesan UMKM yang dari tahunke tahun dibina Bank Indonesia di berbagai daerah. Kegiatan KKI dirancang secara terintegrasi meliputi produk unggulan, pagelaran karya kreatif, talkshow, workshop, busniess matching dan business coaching untuk mendukung UMKM yang lebih produktif melalui digitalisasi dan mampu menembus pasar global.Gimana? Udah pada enggak sabar mau dateng ke pameran virtual KKI 2020 ini? Pasti udah pada kepo deh mau lihat ada apa aja? Atau malah udah enggak sabar mau kalap belanja?

Ayo, langsung aja klik ke https://karyakreatifindonesia.co.id/ . Pastinya ini akan membantu UMKM dan perekonomian. Kalian setuju kan?

You May Also Like..

5 Tips dan Trik Memilih Media Pembelajaran Online Saat Covid-19

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia masih menerapkan pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah, sehingga para siswa tidak bertatap muka langsung untuk […]

6 Tips dan Trik Bangun Kehidupan Sehat dan Berkualitas

Gaya hidup yang sehat merupakan impian dan hak bagi semua orang. Akan tetapi, realita menunjukkan sedikit saja yang dapat konsisten […]

Freja Suites BSD City, Rumah Impian Masa Depan

Ohalo…. Dua bulan lebih sudah gue balik ke Lampung, sekarang saatnya gue bersiap-siap kembali ke Jakarta. Kalau ditanya gue lebih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *