Cek KLIK dan Jadilah Konsumen yang Cerdas

alexchandra Millennials

Belanja Bulanan

Hai gengs!!

Siapa nih yang suka berbelanja kebutuhan bulanan? Baik itu di supermarket maupun di minimarket. Biasanya nih apa saja sih bahan pertimbangan kalian saat membeli?

Ya memang banyak pertimbangan yang akan kita perlukan seperti harga membandingkan dengan merk A dengan merk B atau merk C. Jangan lupa juga kemasannya pun harus kalian perhatikan ya gengs!! Soalnya gue pernah belanja ke supermarket dan menemukan kemasan produk yang sudah rusak.
Apanya sih yang rusak? Jadi kemasan produk itu terbuat dari kaleng dan kalengnya sudah penyok. Mungkin baru saja jatuh dari rak, lalu penyok. lebih baik sih cari yang masih bagus ya kemasannya. Kemasan produk yang rusak itu juga memengaruhi isinya. Jadi kemasan yang rusak, mungkin saja isinya juga sudah rusak. ih serem kan?

Saat acara diskusi dengan Kepala Badan POM (BPOM) RI tanggal 7 September lalu, gue semakin tahu. Jadi konsumen itu harus cerdas. Kita harus tahu kualitas makanan yang kita pilih, saat berbelanja. Apalagi mau lebaran begini, ya. Intensitas belanja meningkat. Selain itu kita juga sering dapat bingkisan lebaran berupa makanan.

Cek KLIK Sebelum Membeli

Acara dihadiri langsung oleh Ibu Penny Kusumastuti Lukito selaku Kepala BPOM RI. Acarapun semakin menarik dan meriah karena dipandu oleh MC cetar Omesh. Acara juga dipadati oleh para tamu undangan dan juga masyarakat umum yang sedang berkunjung ke Lippo Mall Kemang. 
Dalam sambutan dan juga penjelasannya, Ibu Penny mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas. Masyarakat juga harus mendukung BPOM dalam mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan. Dengan diluncurkannya aplikasi Cek BPOM, diharapkan masyarakat akan semakin mudah untuk menjadi konsumen cerdas dengan cara Cek KLIK.

Cek KLIK itu apa saja sih. Cek KLIK sebelum membeli obat-obatan dan makanan adalah sebagai berikut:

  • Kemasan

Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik dan tidak rusak seperti berlubang, sobek, karatan penyok, dan lain sebagainya.

  • Label

Biasakan untuk selalu membaca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat.

  • Izin Edar

Pastikan produk yang dibeli memiliki izin edar dari Badan BPOM. Izin edar dapat dicek melalui Aplikasi android Cek BPOM.

  • Kadaluwarsa

Nah ini yang juga tak kalah penting. Saya pribadi selalu memeriksa ini ketika membeli sebuah produk. Pastikan produk tidak melebihi masa kadaluwarsa. 
Jika temaan-teman menemukan obat-obatan yang sudah kadaluwarsa, biasakan langsung memusnahkan obat tersebut. Jika tidak segera diusnahkan, itu akan berbahaya jika digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Misal dibuat bahan baku obat palsu, buat campuran jamu, dan lain sebagainya.
Cara untuk memusnahkan obat yang sudah kadaluwarsa tersebut adalah bisa dilakukan dengan berbagai cara ya. Pertama, pisahkan obat-obatan yang telah kadaluwarsa dan rusak dengan obat-obat yang masih baik. Kedua, hilangkan label dari wadah obat, rusak wadah obat jika memungkinkan. Ketiga, keluarkan obat dari kemasan, kemudian rusak obat dan campur dengan bahan lain seperti ampas kopi, tanah atau sampah rumah tangga lainnya.

Nah, yuk kita jadi Konsumen yang Cerdas Gaessssssss

You May Also Like..

Mister Aladin Travel Fair 2019: Travel Carnival yang benar-benar Carnival

Jalan – Jalan Hai gengs aku mau sedikit cerita nih kalau kemarin hari rabu tepatnya tanggal 3 Oktober 2019 aku […]

Atur Pengeluaran Perjalanan Kerjamu dengan Grab Business

Ohallo gengssss!!!!! Apa kabarnya? Lama ya aku gak updtae nih, hihihi maklum sibuk kerja aku tuh huhuhu. Mumpung masih muda […]

Choco Pie Chocomory: Oleh-Oleh terbaru dari Kota Bogor

Anak rantauan Gengss!! Sebagai anak perantauan nih yah. Aku tuh suka bingung kalau pulang kampung bawa oleh-oleh apa. Kalian suka […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *