Apa Saja Perbedaan Pipa PVC dengan Pipa HDPE?

alexchandra Properti, review

Pipa PVC vs Pipa HDPE?

Bagi yang sudah lama berkecimpung di bidang plumbing, pasti sudah tahu pipa PVC serta pipa HDPE. Kedua pipa tersebut memiliki jenis yang berbeda, namun bisa bekerja sama dalam suatu proyek instalasi saluran air. Pipa HDPE lebih sering digunakan sebagai induk, sedangkan PVC sebagai medan alirannya. Inilah perbedaan yang lebih lengkap.

Beberapa perbedaan Papa PVC dengan Pipa HDPE

Perbedaan dari Segi Bahan Material

PVC merupakan kepanjangan dari Polyvinyl Chloride dan sering disebut dengan paralon. Struktur pembentuknya murni dari plastik atau tepatnya dari gabungan vinyl. Alhasil, pipa pun lebih kuat, ringan, tahan lama, dan tidak berkarat. Sedangkan pipa HDPE terbuat dari bahan polyethylene yang memiliki kepadatan tinggi. Jadinya lebih tahan bahan kimia.

Perbedaan dari Segi Kelentukan

Pipa paralon itu bersifat statis, kurang fleksibel, serta kurang lentur. Jadi, tidak bisa digulung dan memerlukan banyak sambungan pipa. Untungnya sekarang sudah banyak produsen yang menyediakan fitting atau sambungan tersebut seperti elbow, tee, P-trap, dan lainnya. Beda sekali dengan pipa HDPE yang lentur dan tidak membutuhkan sambungan.

Perbedaan dari Segi Ketahanan Fisik

Rupanya, pipa PVC berwarna putih memiliki ketahanan fisik yang baik ketika berhadapan dengan sinar UV secara langsung. Namun sebaliknya ketika berhadapan dengan lumut, sebab memiliki sifat getas ketika sudah digunakan dalam waktu lama. Sedangkan untuk PVC yang berwarna abu-abu memiliki kemampuan sebaliknya.

Jadi, untuk PVC berwarna abu-abu, ketika lama melakukan kontak dengan sinar UV, bisa menyebabkan fisiknya jadi bengkok. Kalau pipa HDPE memiliki struktur fisik yang tangguh. Ketika berhadapan langsung dengan air maupun lumut, tidak akan berpengaruh apa-apa. Oleh karena itu, pipa HDPE kerapkali dijadikan sebagai induk dari instalasi saluran air.

Perbedaan dari Segi Kebergunaan

Paralon kerapkali digunakan untuk instalasi air dingin saja. Soalnya kalau digunakan untuk instalasi air panas, bisa-bisa mudah rusak. Oleh karena itu, kadang perannya digantikan dengan pipa PPR yang memiliki daya tahan fisik lebih tinggi. Sedangkan untuk pipa HDPE bisa digunakan untuk instalasi air dingin maupun air panas.

Perbedaan dari Segi Harga

Ketika ditilik dari uraian di atas, pasti kamu sudah tahu kalau pipa HDPE itu lebih mahal dari PVC. Perbandingannya, pipa yang kerap dinamai dengan paralon ini memiliki harga lebih murah 30%-40% dibandingkan pipa HDPE. Bisa dibayangkan, bukan?

Banyaknya yang menjual pipa PVC, sebaiknya kamu pilih-pilih tempat yang menjual produk berkualitas seperti di Rucika. Di Rucika, kamu bisa mendapatkan pipa lurus maupun sambungan secara online. Harganya pun sangat murah. Sebagai gambaran, untuk paralon ukuran 12 inci dengan kode AW saja dibanderol dengan harga 2,6 juta Rupiah.

You May Also Like..

#UninstallKhawatir kamu dengan fitur keamanan terbaru dari GOJEK

Hai gengs!! Siapa nih yang rutinitasnya pergi ke kantor atau pergi ke kampus gitu? Kali ini gue mau cerita rutinitas […]

So Good: Spicy Chicken Strip – Gak Perlu Lagi Pakai Saos ataupun Sambal!!

Siapa yang suka makan So Good? So Good merupakan merk nugget yang sangat laris di Indonesia. Rasanya yang sangat enak […]

Film 3 Dara 2 makin seru

Siapa yang sudah nonton Film 3 Dara 2? Film 3 Dara 2, pada film 3 Dara yaitu film sebelumya masih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *