5 Trik Lulus Seleksi LPDP

alexchandra Berita, Tips and Triks

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan salah satu program pemerintah yang dihandle oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan untuk membantu anak bangsa yang ingin berkuliah di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini menjadi satu dari berbagai bantuan yang paling diincar oleh hunter scholarship. Setiap tahun, ada puluhan ribuan orang yang mendaftar, makanya tidak mengherankan bila syarat-syarat dan persaingannya pun ketat. 

LPDP tahun ini ditiadakan karena adanya pandemi covid-19. Namun, Anda jangan berkecil hati, sebab kabarnya pendaftaran LPDP akan dibuka tahun 2021. 

Nah, jika Anda berencana melanjutkan studi ke jenjang sarjanan, magister ataupun doktor dan tertarik mengambil jalur LPDP, Anda harus memulainya dengan perencanaan yang matang terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda terapkan sebagai persiapan agar lolos LPDP:

1. Niat dan Tekat Baja 

What goals should I be pursuing? — Human Patterns
Sumber gambar: Human Patterns 

Segala sesuatu memang harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Anda harus benar-benar yakin dengan keputusan yang diambil yaitu melanjutkan studi. Silakan tanya diri Anda apa tujuan Anda S2 atau S3? Apa yang bisa Anda berikan ke masyarakat kalau Anda lolos? Akan Anda apakan ilmu perkuliahan tersebut? jika Anda sudah memiliki target yang jelas, maka keinginan Anda akan jauh lebih kuat dan ini menjadi poin terpenting. Persiapan Anda akan mengorbankan banyak waktu, tenaga dan biaya. Jangan buat semua itu berakhir sia-sia!

2. Jangan salah pilih Jurusan 

Excelsior College Graduation | Graduation Process and Timeframe
Sumber gambar: Excelsior Collage

Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih jurusan yang linier dengan jurusan terdahulu. Sebab itu akan mempermudah Anda dalam belajar. Namun, jika Anda tertarik mengambil prodi yang baru, juga tidak masalah selama Anda dapat konsisten dan jurusan tersebut memberi banyak manfaat bagi kehidupan. 

3. Tentukan Kampus Tujuan Anda Dengan Benar 

Profil Universitas Harvard, Stanford dan Ivy League School di Dunia -  Tirto.ID
Sumber gambar: Tirto.id

Ada ratusan kampus di seluruh dunia yang menerima mahasiswa program LPDP, akan tetapi Anda harus mencari tahu lebih dalam kampus mana saja yang menyediakan disiplin ilmu yang sama dengan Anda incar. Kemudian, Anda juga wajib tahu apakah mata kuliah yang terdapat di kampus tersebut membantu Anda berkembang atau tidak.

4. Tingkatkan Skill TOEFL dan IELTS 

Tahukah Anda, TOEFL dan IELTS juga menjadi tolak ukur dalam mendapatkan beasiswa LPDP. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri lebih dini terhadap kedua tes ini. Kemudian, Anda juga harus tahu berapa skor yang dipatok oleh universitas incaran Anda. 

Cara meningkatkan skill TOEFL dan IELTS hingga bisa lolos, cukup mudah. Pertama, Anda dapat bergabung ke kursus bahasa Inggris yang menyediakan fasilitas persiapan bagi tes TOELF dan IELTS. Kedua, terus berlatih baik secara kelompok maupun individu. Carilah referensi melalui buku, film, musik, dan sebagainya. Semakin sering Anda latihan, semakin meningkat kompetensi bahasa Inggris Anda. 

5. Siapkan sertifikat LoA dan Bahasa 

Anda berpotensi diterima apabila memiliki sertifikat LoA dan pelatihan bahasa. Ini akan membua para penguji percaya bahwa Anda memang kompeten. Oleh karenanya, jangan disepelekan meski hanya sebatas menyerahkan sertifikat. 

6. Penuhi Semua Persyaratan dan Administrasi

Jangan biarkan Anda menjadi orang yang terburu-buru dan pengejar DL. Anda harus mempersiapkan berkas-berkasnya dari sekarang. pastikan nanti semua dokumen Anda telah terkirim. Oleh karenanya, mulai sekarang Anda sudah boleh mencoba membuat akun LPDP. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain: surat SKCK, Surat bebas narkoba dan masih banyak lagi. Anda dapat mengecek segala berkas yang diperlukan di website resmi LPDP.

Itu dia 6 tips mudah agar lolos seleksi LPDP. Selamat mencoba!

You May Also Like..

C’mon Kita ke Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020

Ohalo, Gimana nih kabarnya? Gue tahu banget pasti sebagian besar dari kalian mulai pada suntuk, bosan, dan enggak sedikit yang […]

5 Tips dan Trik Memilih Media Pembelajaran Online Saat Covid-19

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia masih menerapkan pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah, sehingga para siswa tidak bertatap muka langsung untuk […]

6 Tips dan Trik Bangun Kehidupan Sehat dan Berkualitas

Gaya hidup yang sehat merupakan impian dan hak bagi semua orang. Akan tetapi, realita menunjukkan sedikit saja yang dapat konsisten […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *