5 Tips dan Trik Memilih Media Pembelajaran Online Saat Covid-19

alexchandra Berita, Millenials, Millennials, Pendidikan

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia masih menerapkan pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah, sehingga para siswa tidak bertatap muka langsung untuk menghindari penularan Covid-19. Hal tersebut sedikit banyak menyebabkan siswa harus mencari referensi tambahan untuk belajar. Begitu pula dengan guru yang harus pandai memilah media yang tepat untuk mendesain pembelajarannya. Bahkan, pemerintah membuat kebijakan dengan menyediakan kuota internet khusus untuk bagi guru dan siswa guna mempermudah belajar.

Bila menelusuri internet, akan ditemukan berbagai perusahaan dan start up yang merekomendasi kan platform belajar online buatan mereka, lengkap dengan fitur-fitur keistimewaannya.

E-learning - ESICM
Sumber gambar: ICSM

Platform belajar online merupakan salah satu sarana belajar secara digital. Aplikasi atau situs model ini mempunyai banyak sisi positif seperti kemudahan dalam mengaksesnya, bisa dibuka di manapun dan kapanpun, serta kompatibel. 

Namun, tidak semua aplikasi tersebut akan sesuai dengan keinginan Anda. Nah, supaya tidak bingung, berikut ini tips memilih aplikasi pembelajaran online yang cocok :

1. Harga Terjangkau dan diDukung Banyak Format File

People Are More Honest Than We Think, New Study Finds - WSJ
Sumber gambar: The Wall Street Journal

Pilihlah aplikasi yang gratis atau jika ingin berlangganan berbayar, ambil yang pas di kantong. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati sebab pada beberapa platform e-learning ada yang mulanya menawarkan tanpa biaya, tetapi setelah digunakan malah dikenai biaya. Untuk mengantisipasinya, carilah review-review user terdahulu yang sudah memanfaatkan aplikasi tersebut.

Kemudian, pilih juga aplikasi yang fleksibel terhadap beragam jenis format file, (entah docx, pdf, png, jpg dan seterusnya). Sehingga Anda dapat dengan mudah mengupload file dalam berbagai bentuk, entah itu dokumen, audio, video, dan sebagainya. 

2. Dapat diakses Semua Kalangan, Baik Guru, Siswa Maupun Orang Tua

Organize Your Apps for Easy Access -
Sumber gambar: Configuration connection

Sebaiknya Anda tidak memilih platform atau software e-learning yang memerlukan program tertentu. Download atau kunjungilah situs belajar online yang mudah diakses. Ini akan meringankan beban sebab Anda tidak perlu repot bergonta-ganti aplikasi. Selain itu, carilah aplikasi yang bisa dibuka kapan dan di manapun, serta tidak terlalu banyak menghabiskan paket internet Anda. Kemudian, kemudahan akses juga dapat membuat orang tua lebih leluasa dalam membimbing dan mengawasi anak-anaknya. 

3. Menggunakan Kurikulum  Terbaru

Tahun Ajaran Baru, Sekolah Wajib Terapkan Kurikulum 2013 Halaman all -  Kompas.com
Sumber gambar: edukasikompas

Indonesia sekarang sudah memakai kurikulum 2013 edisi revisi. Jadi, penting bagi Anda untuk menyeleksi mana saja aplikasi yang isinya memuat kurikulum terbaru. Sebab platform belajar online yang baik adalah dapat menyesuaikan dengan perkembangan pendidikan alias selalu up to date. 

4. Mudah Diatur 

What You Should Know About Android Instant Apps
Sumber gambar: hyperlink infosystem

Pastikan Anda menggunakan aplikasi pembelajaran yang simpel dengan tools yang mudah diatur baik dari isi, dokumen, dan banyak lagi. Agar Anda tidak terlalu pusing memanage hal-hal yang dibutuhkan kelas atau tugas Anda. 

5. Memilih Aplikasi Yang Direkomendasikan Oleh Pemerintah 

Gambar Jempol Banyak
Sumber Gambar: wishQatar

Apabila Anda masih bingung karena jumlah platform yang banyak, Anda dapat melihat dari list yang telah disediakan pemerintah. Sekarang, sudah ada beberapa nama perusahaan e-learning yang disebut-sebut sebagai partner pemerintah di bidang pendidikan. Biasanya, aplikasi atau web semacam itu sudah mengalami tahapan-tahapan sehingga ditunjuk sebagai referensi pembelajaran daring. 

Sistem pendidikan adalah sesuatu yang dinamis alias akan selalu berubah tergantung bagaimana situasi dan kondisi, tugas kitalah yang beradaptasi dengannya. Memberikan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia merupakan kewajiban tiap warga negara, dan salah satu wujud pembuktiannya adalah lewat belajar dengan bersungguh-sungguh. Semoga tulisan singkat di atas dapat memberikan sedikit petunjuk bagi siswa, guru dan orang tua untuk selalu mengutamakan kualitas, sekalipun dalam hal pembelajaran daring. 

You May Also Like..

C’mon Kita ke Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia 2020

Ohalo, Gimana nih kabarnya? Gue tahu banget pasti sebagian besar dari kalian mulai pada suntuk, bosan, dan enggak sedikit yang […]

6 Tips dan Trik Bangun Kehidupan Sehat dan Berkualitas

Gaya hidup yang sehat merupakan impian dan hak bagi semua orang. Akan tetapi, realita menunjukkan sedikit saja yang dapat konsisten […]

Freja Suites BSD City, Rumah Impian Masa Depan

Ohalo…. Dua bulan lebih sudah gue balik ke Lampung, sekarang saatnya gue bersiap-siap kembali ke Jakarta. Kalau ditanya gue lebih […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *